Senin, 07 Maret 2022

MELEK DIGITALISASI, MI LITERASI MIFTAHUL HUDA KONSISTEN TERAPKAN PAT-BK/S

 

mifdawajak.sch.id – Pagi ini, Senin (07/03/2022) MI Literasi mengawali pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk siswa kelas 6, dan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap untuk siswa kelas 1 sampai 5. Sesuai jadwal, pelaksanaan PTS Genap Kelas 1-5 dan PAT Kelas 6 akan berlangsung pada tanggal 07  Maret – 12 Maret 2022.

Saat ini digitalisasi sudah tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan, hal ini karena digitalisasi sudah bertransformasi menjadi sebuah kebutuhan dalam pelaksanaan pelmebalajaran. Di sisi lain, penerapan digitalisasi bisa juga sebagai pendukung atau media pembelajaran yang efektif.

Pada tahun ini, Penilaian Akhir Tahun (PAT) kelas 6 di MI Literasi Miftahul Huda dilaksanakan berbasis Komputer/smartphone (PAT-BK/S). Seperti tahun-tahun sebelumnya, PAT kelas 6 selalu digelar berbasis digital. Adapun aplikasi yang digunakan sebagai media PAT berbasis smartphone adalah Aplikasi Edubox.

MI Mifda sudah memasuki tahun ke-5 penerapan ujian berbasis digital ini. Berawal dari adanya ujian akhir berbasis edubox untuk tingkat MI Kab. Malang sekitar pada tahun 2018. Dalam rangka melanjutkan trend prositif penerapan PAT BK, MI Literasi Miftahul Huda berkomitmen untuk terus meningkatkan digitalisasi dalam pelaksanaan ujian di madrasah.

Secara konsisten, MI MIFDA sudah melaksanakan berbagai ujian di madrasah dengan media digital (Aplikasi Edubox), seperti PTS, PAT, maupun Ujian Madrasah.

Bagi siswa, pelaksanaan ujian menggunakan smartphone bukanlah hal baru, karena pada tingkat sebelumnya, meraka sudah mengenal dan melaksanakan ujian berbasis edubox.

Hari ini merupakan hari pertama pelaksanaan PAT-BK/S, semua siswa kelas 6 sudah siap dengan piranti masing-masing. Sebelumnya, sudah disampaikan bahwa untuk kelas 6, pelaksanaan PAT dilakukan berbasis edubox, sehingga masing-masing siswan diperkenankan membawa alat ujian/ smartphone.

Adapun alur PAT berbasis edubox adalah sebagai berikut :
1. Menyalakan smartphone
2. Menon-aktif kan data seluler
3. Mengaktifkan mode pesawat
4. Menyalakan Wi-Fi dan menyambungkan dengan koneksi server
5. Membuka peramban/ browser (direkomendasikan google chrome)
6. Membuka IP Adress edubox
7. Login menggunakan username dan password
8. Memilih mata pelajaran yang diujikan
9. Mengerjakan butir soal
10. Klik kirim/ submit jawaban

Meskipun ujian dilaksanakan berbasis smartphone, peserta ujian diharap tetap fokus dan tidak tergesa-gesa dalam mengerjakan setiap soal. “Kerjakan soal dengan teliti, dan tidak perlu tergesa-gesa”, kata Hadi, guru Kelas 6. Selain itu, siswa diminta untuk bersungguh-sungguh dalam mengerjakan setiap butir soal yang ada. “Mohon dibaca soalnya berulang-ulang, sampai memahami maksut soal, jangan menjawab sebelum memahami maksut dari soal”, imbuh wali kelas 6 itu.


"MADRASAH HEBAT BERMARTABAT"
"MANDIRI BERPRESTASI"

MI LITERASI MIFTAHUL HUDA
JALAN SUMBER ILMU SUMBERNONGKO SUMBERPUTIH
KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG 65173
JAWA TIMUR - INDONONESIA

#mifdawajak #militerasi #literasi #gelem #gerakanliterasimadrasah #gerakanliterasiguru #gerakanliterasisiswa

Location: Sumber Nongko, Sumberputih, Kec. Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65173, Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar

TERIMAKASIH TELAH MEMBACA !
SEMOGA MEMBERIKAN MANFAAT ...