Sabtu, 19 Agustus 2023

Perkemahan Jum’at Sabtu (Perjusa), MI Literasi Miftahul Huda Memperingati Hari Pramuka Ke-62 dan HUT RI Ke-78

 

Perkemahan Jum'at Sabtu (Perjusa) MI Literasi Miftahul Huda

mifdawajak.sch.id – Dalam rangka memperingati hari pramuka ke-62 dan HUT RI ke-78, Madrasah Ibtidaiyah Literasi Miftahul Huda (Mifda) Sumberputih Wajak melaksanakan kegiatan Perkemahan Jum’at Sabtu (Perjusa) di lapangan Desa Sumberputih. Kegiatan diawali dengan apel pembukaan Perjusa yang diikuti siswa-siswi kelas 1 sampai dengan 6 MI Literasi Miftahul Huda pada Jum’at (18/08/2023).

Rankaian kegiatan perjusa dikombinasikan dengan agenda kegiatan Literasi yang ada di MI Literasi Miftahul Huda. Selain mealaksanakan kegiatan perkemahan, kegiatan ini sekalaigus sebagai momen melaksanakan kegiatan Literasi Muhadharah, dan Literasi Sabtu Pahing.

Sekitar pukul 14.30 WIB, peserta perjusa melaksanakan apel pembukaan yang dipimpin langsung oleh kamabigus, Abd. Razzaq. Apel berjalan dengan khidmat dan lancar.

Setelah pelaksanaan apel pembukaan, kegiaan dilanjutkan dengan mendirikan tenda perkemahan. Pada perkemahan ini, peserta kemah mendirikan empat tenda, yakni dua tenda peserta laki-laki dan dua tenda peserta perempuan.

Kerjasama tim, ketangkasan, kekompakan, dan kesabaran diuji dalam mendirikan tenda, sebagai sarana melatih fisik dan mental peserta didik dengan jiwa pramuka. Setelah itu, Tahapan kegiatan dilanjut dengan Sholat Ashar berjama’ah dan bersih diri.

Pada pukul 17.45 WIB kegiatan religi berpusat di masjid Miftahul Huda, didampingi oleh H. Ridloi, H. Ridlo’i, Ust. Abd. Razzaq, dan Ust. Imam Syafi’i, serta dewan guru pendamping. Selepas Isya, dilanjutkan dengan makan malam bersama ala santri, yang menjadi pembiasaan MI Literasi Miftahul Huda.

Acara inti pada malam hari dimulai pada pukul 20.00 WIB dengan penampilan muhadharah oleh kelas 6. Ada berbagai penampilan dalam muhadharah kali ini, meliputi Pidato, Puisi, Tari Kreasi Islami, Tari Kreasi Modern, hingga pertunjukkan drama.

Malam semakin larut, dilanjutkan dengan menyalakan api unggun, yang menjadi ciri khas kegiatan perkemahan. Diawali dengan apel api unggun, dengan Kamabigus sebagai pembina apel. Dalam amanat apel, pembina apel menyampaikan bahwa salah satu tujuan kegiatan ini adalah sebagai wujud syukuran atas pemberian nama pasukan pramuka MI Literasi Miftahul Huda. Hasil musyawarah menentukan bahwa nama pasukan pramuka MI Literasi Miftahul Huda adalah “PIRAMIDA”.

Dipenghujung acara malam ini, ditutup dengan kegiatan jelajah malam, sebagai bentuk latihan mental pramuka, yakni “terampil, berani, dan bahagia”. Setap regu dibatasi hanya membawa satu lampu senter sebagai media penerangannya. Peserta perjusa menyusuri jalur yang sudah ditentukan, masing-masing regu berjalan sesuai arahan kakak-kakak pembina, mulai start hingga finish kembali di lokasi perkemahan. (admin)

Dokumentasi Kegiatan Perjusa :










"MADRASAH HEBAT BERMARTABAT"

"MANDIRI BERPRESTASI"

MI LITERASI MIFTAHUL HUDA
JALAN SUMBER ILMU SUMBERNONGKO SUMBERPUTIH
KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG 65173
JAWA TIMUR - INDONONESIA

#mifdawajak #militerasi #literasi #gelem #gerakanliterasimadrasah #gerakanliterasiguru #gerakanliterasisiswa

 

Location: Sumber Nongko, Sumberputih, Kec. Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65173, Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar

TERIMAKASIH TELAH MEMBACA !
SEMOGA MEMBERIKAN MANFAAT ...