Selasa, 02 April 2024

Literasi Ramadhan #3 : Karakter Spiritual dan Makhluk Sosial (Pahala Shodaqoh)

 Literasi Ramadhan #3 : Karakter Spiritual dan Makhluk Sosial (Pahala Shodaqoh)

 

mifdawajak.sch.id – Pagi ini, Selasa (01/04/2024), Madrasah Ibtidaiyah Literasi Miftahul Huda (Mifda) Sumberputih Wajak melaksanakan pembukaan kegiatan Literasi Ramadhan (Pondok Romadhon) hari ke-3

Kegiatan Literasi Ramadhan dilaksanakan sebagai sarana peningkatan pengetahuan keagamaan kepada para siswa di madrasah. Tidak hanya itu, literasi ramdhan juga sebagai momentum membentuk karakter peserta didik yang religius dan berbudi pekerti luhur dan religius sejak dini.

Kegiatan Literasi merupakan program unggulan yang menjadi ciri khas MI Literasi Miftahul Huda, sehingga kegiatan literasi ini sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Pada hari ketiga pelaksanaan Literasi Ramadhan, Selasa, 02 April 2024, dewan guru yang bertugas dalam kegiatan Literasi Ramadhan adalah Ust. Abd. Razzaq Qodir, M.Pd., sebagai pembuka kegiatan, selain itu sebagai pemateri adalah Ust. Ahmad Saifuddin Jailani, S.Pd.I., dan materi selanjutnya disampaikan oleh Ust. H. Ridlo'i, S.Pd.I., serta segenap dewan guru MI Literasi Miftahul Huda sebagai pendamping kegiatan literasi ramadhan. Kegiatan literasi ramadhan dilaksanakan terpusat di Auditorium MI Literasi Miftahul Huda.

Rangkaian kegiatan ramadhan diawali pada pukul 06.30 WIB dengan pembiasaan literasi pagi yakni melantunkan sholawat, tadarrus Al-Qur’an, dzikir, serta sholat dhuha berjama’ah.

Pada pukul 07.00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan mengaji Yanbu'a sesuai jilid masing-masing yang dipandu oleh Ustadz dan Ustadzah masing-masing. Pada pukul 08.15 kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan literasi ramadhan hari ketiga oleh kepala madrasah, Abd. Razzaq.

Dalam pembukaan kegiatan, kepala madrasah memandu para siswa untuk memperhatikan setiap materi yang disampaikan oleh Ustadz pemateri.

Materi #1 – Karakter Spiritual oleh Ust. Ahmad Saifuddin Jailani, S.Pd.I.

Pada materi pertama, disampaikan materi tentang Karakter Spiritual kepada para peserta didik literasi ramadhan. "Pendidikan Spiritual, yakni pendidikan yang berhubungan dengan sikap, mental, perasaan, kejiwaan, yang tujuannya hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.", tutur Ust. Saifuddin.

Pendidikan yang berhubungan dengan sikap

Pendidikan yang dimaksut adalah terkait bagaimana sikap kita kepada guru, orang tua, teman, serta sikap kepada tetangga.

Contoh Kisah Sikap kepada Orang Tua

Kisah Uwais Alqorni yang ta'dzim kepada Ibu nya, memenuhi setiap kebutuhan dan keinginan ibu tercinta nya. 

Contoh Kisah Sikap kepada Guru

Kisah santri yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata namun sangat ta'dzim kepada Kyai nya, hanya bisa  mengucapkan "beton sepuluh dikurangi satu tinggal sembilan", namun memiliki keistimewaan karena ta'dzim nya kepada kyainya. Hal ini menunjukkan bahwa ta'dzim kepada guru akan mendatangkan ridlo guru, serta akan memberikan ilmu yang manfaat dan barokah.

Pendidikan yang berhubungan dengan mental

"Santri harus mempunyai mental atau cita-cita yang tinggi, gantungkan cita-citamu setinggi langit" tutur Ust. Saifuddin.

Pendidikan yang berhubungan dengan Perasaan

"Kita harus mempunyai hati atau perasaan yang selalu husnudzon kepada orang lain", tambahnya

Materi #2 – Makhluk Sosial (Pahala Shodqoh) oleh Ust. H. Ridlo'i, S.Pd.I.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Ust. H. Ridlo'i, S.Pd.I. yang membahas tentang Makhluk Sosial. Para siswa bisa mengenal dan memahami bahwa manusia adalah makhluk sosial, yakni selalu membutuhkan orang lain. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa saling tolong menolong sesama muslim.

Dalam QS. Al Maidah ayat 2 pada bagian akhir menjelaskan tentang kewajiban tolong-menolong sesama muslim dalam berbuat kebaikan dan bertakwa.


Perintah ini ditandai dengan penggalan ayat yang berbunyi:

وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

Artinya: "Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksaNya."

Pahala Shodaqoh dibagi menjadi 5 :
  1. Shodaqoh 1 dibalas pahala 10 kali lipat, yakni ketika shodaqoh kepada orang sehat
  2. Shodaqoh 1 dibalas pahala 90 kali lipat, yakni ketika shodaqoh kepada orang sakit (orang buta) atau sedang terkena musibah
  3. Shodaqoh 1 dibalas 900 kali lipat, yakni ketika shodaqoh kepada kerabat, keluarga, sanak famili yang kurang mampu
  4. Shodaqoh 1 dibalas 1000 kali lipat, yakni ketika shodaqoh kepada kedua orang tua sendiri
  5. Shodaqoh 1 dibalas 900.000 kali lipat, yakni ketika shodaqoh kepada orang alim, para ahli fiqih, dan para kiai

Adapun tujuan utama kegiatan literasi ramadhan adalah membiasakan kegiatan religi kepada peserta didik yang sedang menuntut ilmu di MI Literasi Miftahul Huda. Dengan harapan kelak menjadi bekal berharga dimasa depan serta yang utama harapan menjadi putra dan putri yang sholih dan sholihah. (admin)


Dokumentasi Kegiatan Literasi Ramadhan #3





















"MADRASAH HEBAT BERMARTABAT"
"MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI "

MI MIFTAHUL HUDA
JALAN SUMBER ILMU SUMBERNONGKO SUMBERPUTIH
KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG 65173
JAWA TIMUR - INDONONESIA

#mifdawajak
#militerasi
#literasi
#gelem
#gerakanliterasimadrasah
#gerakanliterasiguru

#gerakanliterasisiswa

 

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar

TERIMAKASIH TELAH MEMBACA !
SEMOGA MEMBERIKAN MANFAAT ...